tek jalan

zwani.com myspace graphic comments
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA DAN SEMOGA BERMANFAAT http://www.flickr.com//photos/77570847@N08/show/

Sabtu, 14 April 2012

keluarga

Dalam membangun suatu rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah adalah sangat diidam-idamkan oleh semua pasangan suami istri tak terkecuali yang baru selesai merayakan pesta pengantinnya maupun yang sudah puluhan tahun membina rumah tangga. Perlu mengetahui rumusnya.
Dibulan-bulan awal antara 1-3 bulan perkawinan, merupakan hari-hari yg sangat indah dan membahagiakan. Pokoknya benar-benar bikin si pelaku senyum-senyum sendirian. Serasa dunia milik berdua siang malam semangat membara utk bersayangan bermanjaan. Gak mau tau biar ketiak beraroma kambing hi..hi..hi.. yg penting hepi..!
Tapi begitu memasuki bulan kesekian atau tahun ke-2, perbedaan karakter mulai terasa, beda pendapat semakin sering, yg jika tidak segera disadari dan diatasi akan mengakibatkan membesarnya jurang perbedaan bahkan timbul rasa ‘risih’ jika bersama pasangan. Dan yg paling tragis adalah perceraian.
Jadi utk menjaga dan atau mengembalikan keadaan menjadi harmonis dan membahagiakan perlu beberapa jurus jitu, salah satu yg terpenting adalah komunikasi. Untuk lebih jelasnya kita ikuti rangkuman berikut ini.
Kiat menjadikan keluarga yg sakinah, mawadah warahmah:
1. Landasan perkawinan, landasan perkawinan ini bisa berupa alasan ataupun tujuan. Mengapa anda menikah dg si A? Karena apa? Untuk apa? dan pertanyaan-pertanyaan yg sejenis, ini akan menentukan seberapa kuat landasan anda dan sudah barang tentu landasan yg terkuat adalah agama dan cinta. Maka perkuatlah landasan keluarga anda dengan keduanya.
2. Kodrat, tiap pasangan sebenarnya mengetahui bahwa kodratnya adalah saling memahami dan melayani pasangannya dengan baik dan penuh kasih sayang. Beriring tumbuhnya waktu tumbuh pula ego agar pasangan selalu memahami dan melayani kita. Padahal akan lebih membahagiakan jika kita selalu bisa melayani pasangan dan keluarga.
3. Kewajiban, kewajiban utama adalah membahagiakan pasangan masing-masing. Carilah cara agar anda bisa menyenangkan pasangan anda. Dan anda bisa menanyakan langsung atau memperhatikan kebiasaannya sehari-hari. Hal ini juga berlaku buat anggota keluarga yang lain.
4. Komunikasi, selalu perbaiki cara anda berkomunikasi dan lebih intensifkan. Baik komunikasi lisan maupun dg body language. Tutur kata lemah lembut lebih menyenangkan dan lebih menyenangkan jika diikuti bahasa tubuh yg manis dan sedap dipandang mata. Dg komunikasi yg baik, akan terjalin hubungan yg lebih baik. Lebih banyak mendengar dg baik sebelum mengungkapkan keinginan. Dan bicarakan dari hati ke hati.
5. Kerjasama, keluarga adalah tim. Masing-masing anggota keluarga harus dan harus bahu membahu dalam menjalankan kewajibannya untuk mendukung program-program keluarga. Baik program intern maupun ekstern. Baik dunia maupun akherat. Saling mengingatkan, saling mendukung dan saling positif lainnya untuk memudahkan pasangan atau anggota keluarga yg lain mencapai cita-citanya yang notabene adalah cita-cita keluarga bersama.
Jadi intinya adalah mendahulukan kepentingan dan kebahagiaan pasangan dan keluarga daripada kepentingan pribadi. Banyak memberi dan melayani maka semakin banyak pula kita diberi dan dilayani.
Juga yg perlu dilakukan adalah kedua pasangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...